Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-09-10. Baca versi terbaru.

Permainan Tradisional Engklek Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak

Penulis

  • Sriyanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Aulia Singa Zanki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/8ykzd376

Kata Kunci:

anak usia dini, motorik kasar, permainan engklek

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa permainan tradisional engklek sebagai media stimulasi 
perkembangan motorik kasar anak di KB Harapan Bunda Prayungan Sumberrejo Bojonegoro.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pembahasan induksi dan deduksi. 
Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara 
kualitatif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan tradisional 
engklek:1)Dilaksanakan rutin terjadwal,2)Anak di beri kebebasan bermain di luar jam main. 
Stimulasi perkembangan motorik kasar melalui permainan engklek dengan: 1)Setting 
permainan lebih menarik dan seru,2)Aturan main mudah dipahami anak, 3)Memberi Reward 
4)Mengarahkan anak saat main,5)Memberi kebebasan anak untuk main bersama. Penerapan 
permainan tradisional engklek untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak cukup 
signifikan karena:1)Guru membuat penilaian perkembangan motorik kasar anak 2)Guru 
membuat rencana kegiatan harian tertulis dalam permainan tradisonal engklek

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-15 — Diperbaharui pada 2024-09-10

Versi

Cara Mengutip

Permainan Tradisional Engklek Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.59829/8ykzd376 (Original work published 2023)