MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD DALAM MENGAJAR MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI KB. YAPPASRAH

Penulis

  • Aulia Singa Zanki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Sriyanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/fbxkzh10

Kata Kunci:

kinerja guru, PAUD, Reward and Punishment

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan reward and punishment oleh Kepala 
Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengajar di KB. Yappasrah. Penelitian ini 
berawal dari permasalahan rendahnya tanggungjawab guru dalam melaksanakan tugasnya. Sebagian 
guru tingkat disiplinnya rendah dan tidak membuat administrasi mengajar. Penelitian ini merupakan 
penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan 
pada guru-guru KB. Yappasrah yang berjumlah 4 (empat) orang guru. Instrumen yang digunakan untuk 
mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian 
dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 
dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah 
diadakan penerapan tindakan berupa reward dan punishment, pada siklus I sudah ada peningkatan 
kinerja guru dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 namun masih belum mampu mencapai nilai minimal yang 
ditetapkan. Namun, setelah dilakukan reward and punishment lebih ditingkatkan maka pada siklus II 
sudah seluruh guru mampu meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 
penerapan reward dan punishment dapat meningkat kinerja guru dalam proses belajar mengajar di KB. 
Yappasrah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-15 — Diperbaharui pada 2023-09-13

Versi

Cara Mengutip

MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD DALAM MENGAJAR MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI KB. YAPPASRAH. (2023). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.59829/fbxkzh10 (Original work published 2023)