Pemanfaatan TikTok dan Dampaknya terhadap Emosi dan Relasi Sosial Anak Usia Dini

Penulis

  • Fathan Faris Saputro Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/6vt5a058

Kata Kunci:

Anak usia dini, dampak media digital, perkembangan sosial-emosional, TikTok

Abstrak

Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah mendorong banyak anak untuk menggunakan ponsel dalam menonton video, di mana TikTok menjadi salah satu platform yang paling digemari. Sebagai media berbasis audio-visual, konten video di TikTok memiliki potensi untuk memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan TikTok terhadap anak-anak berusia 5–6 tahun di PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Solokuro. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup tiga anak, dengan fokus utama pada pengaruh aplikasi TikTok terhadap mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki dampak positif, seperti memberikan hiburan, meningkatkan rasa percaya diri, dan memfasilitasi interaksi sosial dengan teman sebaya. Namun, ditemukan pula dampak negatif berupa kecenderungan meniru perilaku yang tidak pantas, munculnya sikap agresif, dan kurangnya kemampuan dalam mengelola waktu. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa TikTok memberikan dampak ganda bagi anak-anak, sehingga keterlibatan aktif orang tua dalam membimbing dan mengawasi penggunaan media digital menjadi hal yang penting untuk memastikan perkembangan anak berlangsung secara seimbang.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-15

Cara Mengutip

Pemanfaatan TikTok dan Dampaknya terhadap Emosi dan Relasi Sosial Anak Usia Dini. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-42. https://doi.org/10.59829/6vt5a058