Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59829/j9nv0878Kata Kunci:
Deep Learning, Media Pembelajaran , Pendidikan Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji penggunaan media pembelajaran yang tepat pada pendekatan deep learning di PAUD, dengan tujuan untuk meninggalkan metode konvensional yang monoton bagi anak usia dini. Pendekatan ini menekankan pada pemahaman mendalam yang berfokus pada 6C competencies dan pengembangan kompetensi holistik anak. Dengan menggunakan metode studi pustaka kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur untuk mengidentifikasi media yang efektif dalam pembelajaran deep learning pada PAUD. Hasil menunjukan bahwa media realia, media visual, media audio, dan media audio-visual dapat mendukung pembelajaran deep learning yang berorientasi pada mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning. Media ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menarik bagi anak, tetapi juga meningkatkan pemahaman konsep, stimulasi imajinasi, berpikir kritis, kreatif, dan interaksi sosial. Penggunaan media yang sesuai dalam pembelajaran berbasis deep learning dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini di era modern.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahma Widia Wati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





