Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Anak Usia Dini

Penulis

  • Rahma Widia Wati UIN Raden Mas Said Surakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/j9nv0878

Kata Kunci:

Deep Learning, Media Pembelajaran , Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji penggunaan media pembelajaran yang tepat pada pendekatan deep learning di PAUD, dengan tujuan untuk meninggalkan metode konvensional yang monoton bagi anak usia dini. Pendekatan ini menekankan pada pemahaman mendalam yang berfokus pada 6C competencies dan pengembangan kompetensi holistik anak. Dengan menggunakan metode studi pustaka kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur untuk mengidentifikasi media yang efektif dalam pembelajaran deep learning pada PAUD. Hasil menunjukan bahwa media realia, media visual, media audio, dan media audio-visual dapat mendukung pembelajaran deep learning yang berorientasi pada mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning. Media ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menarik bagi anak, tetapi juga meningkatkan pemahaman konsep, stimulasi imajinasi, berpikir kritis, kreatif, dan interaksi sosial. Penggunaan media yang sesuai dalam pembelajaran berbasis deep learning dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini di era modern. 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-15

Cara Mengutip

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Anak Usia Dini. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 48-61. https://doi.org/10.59829/j9nv0878