Implementasi Metode Toilet training dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di KB (Kelompok Bermain) YAPPASRAH Bojonegoro

Penulis

  • Aulia Singa Zanki Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/5z86bg60

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak di KB Yappasrah Bojonegoro, untuk mengetahui penerapan toilet training di KB Yappasrah Bojonegoro dan untuk mengetahui implementasi metode toilet training dalam meningkatkan kemandirian anak di KB Yappasrah Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pada anak usia 2-4 tahun dengan jumlah 10 anak. Data didapatkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak masih dalam tahap perkembangan awal kemandirian, terutama dalam hal mengelola kebutuhan buang air. Penerapan metode toilet training dilakukan melalui pendekatan pembiasaan, pemberian contoh, penguatan positif, dan komunikasi intensif antara guru dan orang tua. Implementasi yang konsisten dan didukung oleh lingkungan belajar yang responsif terbukti efektif dalam meningkatkan kemandirian anak, terutama dalam penggunaan toilet secara mandiri. Dengan demikian, metode toilet training dapat menjadi strategi pembelajaran yang penting dalam membentuk perilaku mandiri anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-03-17

Cara Mengutip

Implementasi Metode Toilet training dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di KB (Kelompok Bermain) YAPPASRAH Bojonegoro. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 103-113. https://doi.org/10.59829/5z86bg60