Taman indrya : Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Ki Hadjar Dewantara

Penulis

  • Eka Saptaning Pratiwi1 STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Giska Enny Fauziah STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Miftakhul Rizal M STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/33re5162

Kata Kunci:

ki hajar dewantara, pendidikan anak usia dini, taman indrya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai implementasi 
konsep pendidikan anak usia dini Ki Hadjar Dewantara di Taman Indrya. Penelitian ini menggunakan 
metode studi kepustakaan dengan sumber primer buku dari Ki Hadjar Dewanntara dengan judul Taman 
Indrya (Kindergarten) yang merupakan buku cetakan kedua dari Taman Indrya Taman Siswa yang 
diterbitkan tahun 1959. Serta sumber sekunder berupa data-data tertulis baik itu buku-buku, hasil kajian 
dan penelitian, maupun sumber lain yang mengkaji tentang konsep pendiikan anak usia dini dari masa 
ke masa di Indonesia. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya perbedaan tujuan diadakannya 
pendidikan anak usia dini mulai dari masa kolonial Belanda yang mempersiapkan anak usia dini untuk 
melanjutkan ke jenjang sekolah dasar dan akan dijadikan sebagai pegawai di berbagai sektor 
pemerintahan, sampai pada pendidikan anak usia dini yang dikonsepkan oleh Ki Hadjar Dewantara 
yang bertujuan untuk membina anak usia lahir sampai dengan usia tujuh tahun sesuai dengan tahap 
perkembangan anak usia dini, serta memperkenalkan anak usia dini dengan kebudayaan Indonesia

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-15 — Diperbaharui pada 2023-09-13

Versi

Cara Mengutip

Taman indrya : Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Ki Hadjar Dewantara. (2023). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 18-26. https://doi.org/10.59829/33re5162 (Original work published 2023)