Taman indrya : Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Ki Hadjar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.59829/33re5162Kata Kunci:
ki hajar dewantara, pendidikan anak usia dini, taman indryaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai implementasi
konsep pendidikan anak usia dini Ki Hadjar Dewantara di Taman Indrya. Penelitian ini menggunakan
metode studi kepustakaan dengan sumber primer buku dari Ki Hadjar Dewanntara dengan judul Taman
Indrya (Kindergarten) yang merupakan buku cetakan kedua dari Taman Indrya Taman Siswa yang
diterbitkan tahun 1959. Serta sumber sekunder berupa data-data tertulis baik itu buku-buku, hasil kajian
dan penelitian, maupun sumber lain yang mengkaji tentang konsep pendiikan anak usia dini dari masa
ke masa di Indonesia. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya perbedaan tujuan diadakannya
pendidikan anak usia dini mulai dari masa kolonial Belanda yang mempersiapkan anak usia dini untuk
melanjutkan ke jenjang sekolah dasar dan akan dijadikan sebagai pegawai di berbagai sektor
pemerintahan, sampai pada pendidikan anak usia dini yang dikonsepkan oleh Ki Hadjar Dewantara
yang bertujuan untuk membina anak usia lahir sampai dengan usia tujuh tahun sesuai dengan tahap
perkembangan anak usia dini, serta memperkenalkan anak usia dini dengan kebudayaan Indonesia
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-09-13 (4)
- 2024-09-11 (3)
- 2024-09-10 (2)
- 2023-03-15 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.