Peran Orangtua dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59829/81bc2623Kata Kunci:
Orang tua, Pendidikan Islam, Anak Usia Dini, DigitalAbstrak
Peran orangtua dalam pendidikan Islam anak usia dini sangat penting karena masa golden age merupakan periode emas bagi pembentukan karakter, akhlak, dan spiritualitas anak. Penelitian ini membahas urgensi, tantangan, serta strategi yang dapat dilakukan orangtua dalam mendidik anak di era digital. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai sumber terkait pendidikan Islam, peran keluarga, serta perkembangan teknologi digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa orangtua memiliki tanggung jawab sebagai pendidik pertama dan utama yang harus menanamkan nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Di era digital, orangtua menghadapi tantangan berupa paparan konten negatif, kecanduan gawai, serta penetrasi budaya global. Namun, teknologi juga memberikan peluang besar melalui aplikasi Islami, media pembelajaran digital, dan platform edukasi interaktif. Oleh karena itu, literasi digital orangtua sangat diperlukan agar mereka mampu menjadi pengarah, pengawas, sekaligus teladan dalam pemanfaatan teknologi. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan Islam anak usia dini di era digital sangat ditentukan oleh sinergi antara bimbingan orangtua, dukungan lembaga pendidikan, serta penggunaan teknologi secara bijak untuk menumbuhkan generasi Muslim yang beriman, berkarakter, dan adaptif terhadap tantangan zaman.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Marenda Septiya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





