Pengaruh Pembelajaran Proyek Terhadap Kreativitas Pada Anak Kelompok A di RA Hidayatus Sholihin Merakurak

Penulis

  • Dwi Aminatus Sa'adah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/6nammp17

Kata Kunci:

Kreativitas, Pembelajaran Proyek, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh  pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas anak kelompok A di RA Hidayatus Sholihin. Dalam konteks ini, lingkungan belajar yang sangat mendukung diperlukan agar anak dapat mengekspresikan diri dan mengeksplorasi potensi kreatif mereka secara optimal. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak di RA Hidayatus Sholihin memiliki tingkat kreativitas yang minim, ditandai dengan kurangnya keberanian dalam mengutarakan ide dan inisiatif dalam menggunakan alat bermain secara mandiri . pembelajaran proyek diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk bekerja dalam kelompok dan berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan topik tertentu, sehingga dapat meningkatkan kreativitas mereka. Kreativitas anak usia dini tampak dari cara mereka menyampaikan ide dan imajinasi, serta kemampuan mereka untuk menciptakan hal baru, seperti dalam bentuk gambar dan cerita . Sehubungan dengan itu, penelitian ini akan mengkaji pengaruh  pembelajaran proyek terhadap kreativitas anak dan memberikan stimulasi yang diperlukan untuk perkembangan mereka. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik dalam merancang kegiatan belajar yang lebih inovatif dan menarik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-15

Cara Mengutip

Pengaruh Pembelajaran Proyek Terhadap Kreativitas Pada Anak Kelompok A di RA Hidayatus Sholihin Merakurak. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.59829/6nammp17