Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-11-15. Baca versi terbaru.

KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF IBNU SINA

Penulis

  • Nurul Qomariah Nurul IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/nsb0sv21

Abstrak

Dunia pendidikan saat ini sebagian besar menganut dari beberapa teori-teori dari pendidikan Barat termasuk pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sementara, pendidikan dari ilmuwan-ilmuwan Islam sering sekali diabaikan bahkan tidak mengetahui perbedaan dari teori pendidikan Barat dengan teori pendidikan ilmuwan Islam. Padahal dalam dunia pendidikan banyak ilmuwan muslim yang pemikirannya masih dapat digunakan hingga saat ini, salah satunya adalah Ibnu Sina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan tujuan pendidikan anak usia dini dalam perspektif Ibnu Sina. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  peneliti  yaitu  teknik dokumentasi. Berikutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis isi (Content Analysis), yaitu metode penelitian yang bersifat pembahasan lebih mendalam terhadap isi suatu informasi baik secara tertulis maupun tercetak dalam media massa. Hasil dari penelitian ini adalah konsep pendidikan anak usia dini yang diajarkan Ibnu Sina berkaitan dengan psikologi pendidikan. Pendidikan anak yang berhubungan pada tingkat usia, bakat dan kemauan anak dengan mengetahui latar belakang tingkat perkembangan. Dan tujuan pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Sina adalah pendidikan haruslah diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki anak didik agar dapat berkembang dengan sempurna, yakni perkembangan intelektual, fisik serta budi pekerti.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-09-13 — Diperbaharui pada 2025-11-15

Versi

Cara Mengutip

KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF IBNU SINA. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.59829/nsb0sv21