Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ibnu Sina
DOI:
https://doi.org/10.59829/nsb0sv21Abstrak
Dunia pendidikan saat ini sebagian besar menganut dari beberapa teori-teori dari pendidikan Barat termasuk pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sementara, pendidikan dari ilmuwan-ilmuwan Islam sering sekali diabaikan bahkan tidak mengetahui perbedaan dari teori pendidikan Barat dengan teori pendidikan ilmuwan Islam. Padahal dalam dunia pendidikan banyak ilmuwan muslim yang pemikirannya masih dapat digunakan hingga saat ini, salah satunya adalah Ibnu Sina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan tujuan pendidikan anak usia dini dalam perspektif Ibnu Sina. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik dokumentasi. Berikutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis isi (Content Analysis), yaitu metode penelitian yang bersifat pembahasan lebih mendalam terhadap isi suatu informasi baik secara tertulis maupun tercetak dalam media massa. Hasil dari penelitian ini adalah konsep pendidikan anak usia dini yang diajarkan Ibnu Sina berkaitan dengan psikologi pendidikan. Pendidikan anak yang berhubungan pada tingkat usia, bakat dan kemauan anak dengan mengetahui latar belakang tingkat perkembangan. Dan tujuan pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Sina adalah pendidikan haruslah diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki anak didik agar dapat berkembang dengan sempurna, yakni perkembangan intelektual, fisik serta budi pekerti.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-09-13 (4)
- 2024-09-13 (3)
- 2025-09-13 (2)
- 2025-11-15 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Qomariah Nurul (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





