Self Assessment Kemampuan Literasi Digital Guru Paud
DOI:
https://doi.org/10.59829/ranxmr35Kata Kunci:
Guru PAUD, Literasi Digital, Guru PSelf AssesmentAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengidentifikasi hasil (1)self assessment kemampuan literasi digital guru PAUD, (2) permasalahan pembelajaran saat memanfaatkan media pembelajaran sebagai sumber dan media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 guru PAUD yang tersebar di enam lembaga pendidikan anak usia dini di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilakukan selama bulan Februari sampai April 2025. Hasil menunjukkan refleksi self assessment para guru PAUD telah memanfaatkan teknologi dan media digital dalam pembelajaran, namun tidak pernag merancang media digital secara mandiri dan disebarluaskan. Permasalahan dalam pembelajaran dalam memanfaatkan media dan sumber dari teknologi dan media digital barasal dari ketidakpahaaman guru dalam mengidentifikasi tahap perkembangan anak dan gaya belajar anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini (1) guru PAUD sudah memanfaatkan teknologi dan media digital sebagai indikator kemampuan literasi digital, (2) guru PAUD belum bisa mengimplementasikan pembelajaran dengan baik saat memanfaatkan media dan teknologi digital dikarenakan kurang memahami teori perkembangan anak usia dini dan gaya belajar anak usia dini.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-03-17 (2)
- 2025-03-17 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eka Saptaning Pratiwi, Nurul Qomariah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





