Belajar Di Rumah: Bermain Sains Menggunakan Loose Parts Bagi Anak Usia Dini Di Taman Baca Ciha
DOI:
https://doi.org/10.59829/5d4nd310Kata Kunci:
Anak usia dini, belajar di rumah, loose parts, sainsAbstrak
Learning loss menjadi salah satu dampak pandemi covid-19 bagi dunia pendidikan. Pencegahan learning loss dapat dilakukan oleh fasilitator dengan cara memahami inovasi pengembangan konsep pembelajaran sains pada anak usia dini, dengan bermain menggunakan media/material lepas, karena media yang digunakan mudah ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman fasilitator/ orangtua dan pendidik tentang belajar di rumah: bermain sains menggunakan loose parts bagi anak usia dini di Taman Baca Ciha Ngawi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Subjek penelitiannya adalah fasilitator dengan objek penelitian belajar di rumah: bermain sains menggunakan loose parts bagi anak usia dini di Taman Baca Ciha Ngawi. Hasil penelitian yaitu, fasilitator mempunyai pemahaman yang baik tentang belajar dirumah: bermain sains menggunakan loose parts dan juga mampu mengaplikasikannya pada kegiatan bermain di rumah dan di Taman Baca Ciha. Inovasi pembelajaran sains ini dapat menjadi salah satu program pembelajaran di rumah dan lembaga pendidikan yang menyenangkan dan memerdekakan.Unduhan
Data unduhan tidak tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2024-03-17 — Diperbaharui pada 2024-03-17
Versi
- 2024-03-17 (4)
- 2024-08-15 (3)
- 2024-08-15 (2)
- 2024-03-17 (1)
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Cara Mengutip
Belajar Di Rumah: Bermain Sains Menggunakan Loose Parts Bagi Anak Usia Dini Di Taman Baca Ciha. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60-67. https://doi.org/10.59829/5d4nd310