Penerapan metode pembiasaan dan latihan dalam meningkatkan kecerdasan spritual anak usia 4-5 tahun di RA AL-Fajar Medan Denai
DOI:
https://doi.org/10.59829/g4bz0641Kata Kunci:
anak usia dini, Metode pembiasaan dan latihan , Kecerdasan spritualAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode pembiasaan dan latihan dalam meningkatkan kecerdasan spritual anak usia 4-5 tahun di RA AL-Fajar.Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Apakah kecerdasan spritual anak usia 4-5tahun di RA Al-Fajar Kecamatan Medan Denai dapat ditingkatkan melalui metode pembiasaan dan latihan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kecerdasan spritual Anak Usia Dini Melalui metode pembiasaan dan latihan di RA AL-Fajar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Populasi Penelitian adalah murid RA AL-Fajar dengan jumlah 20 murid. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan metode pembiasaan dan latihan diperoleh dari 20 anak yang diteliti terdapat 2 anak Mencapai kriteria belum berkembang dan 15 anak mencapai kriteria mulai berkembang dan 3 anak berkembang sesuai harapan.Pada Siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh dari 20 anak terdapat 2 anak telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (10%) dan 18 anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (90 %).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-09-13 (3)
- 2024-09-14 (2)
- 2024-09-13 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Faza Rusyda Hudiya (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.