Penerapan metode pembiasaan dan latihan dalam meningkatkan kecerdasan spritual anak usia 4-5 tahun di RA AL-Fajar Medan Denai

Penulis

  • Faza Rusyda Hudiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/g4bz0641

Kata Kunci:

anak usia dini, Metode pembiasaan dan latihan , Kecerdasan spritual

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode pembiasaan dan latihan dalam meningkatkan kecerdasan spritual anak usia 4-5 tahun di RA AL-Fajar.Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Apakah kecerdasan spritual anak usia 4-5tahun di RA Al-Fajar Kecamatan Medan Denai dapat ditingkatkan melalui metode pembiasaan dan latihan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kecerdasan spritual Anak Usia Dini Melalui metode pembiasaan dan latihan di RA AL-Fajar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Populasi Penelitian adalah murid RA AL-Fajar dengan jumlah 20 murid. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan metode pembiasaan dan latihan diperoleh dari 20 anak yang diteliti terdapat 2 anak Mencapai kriteria belum berkembang dan 15 anak mencapai kriteria mulai berkembang dan 3 anak berkembang sesuai harapan.Pada Siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh dari 20 anak terdapat 2 anak telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (10%) dan 18 anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (90 %).

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-13 — Diperbaharui pada 2024-09-13

Versi

Cara Mengutip

Penerapan metode pembiasaan dan latihan dalam meningkatkan kecerdasan spritual anak usia 4-5 tahun di RA AL-Fajar Medan Denai. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.59829/g4bz0641