This is an outdated version published on 2024-10-01. Read the most recent version.

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM PLUS  AL HARAMAIN BOJONEGORO

Authors

  • Norhayati STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/42w9yh22

Keywords:

Penerapan, Metode Ummi, Al-Qur’an, SD Al-Haramaian

Abstract

Metode Ummi merupakan metode membaca Al-Qur’an yang langsung mengenalkan 
cara membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Keberhasilan 
pembelajaran dengan Metode Ummi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu pertama daya 
serap murid, dan kedua yaitu kualitas bacaan Al-Qur’an murid. Penelitian ini bertujuan 
untuk mengetahui penerapan pembelajaran Metode Ummi pada siswa SD Islam Plus 
Al Haramain Bojonegoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field 
research), dengan lokasi penelitian di SD Islam Plus Al-Haramain Bojonegoro. Jenis 
penelitian yang digunakan daalm penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun 
subjek penelitian adalah satu kepala sekolah, satu koordinator Al-Qur’an, empat guru 
Al-Qur’an, dan delapan siswa kelas satu sampai enam. Observasi, wawancara, dan 
dokumentasi digunakan sebaga metode pengumpulan data. Triangulasi sumber dan 
teknik atau metode digunakan sebagagai instrumen validasi atau keabsahan data. Hasil 
penelitian ini, yaitu: (1) Penerapan Metode Ummi di SD Islam Plus Al-Haramain 
dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pertama, melakukan pengelompokan siswa 
berdasar kemampuan. Kedua, menerapkan tujuh tahapan pembelajaran Al-Qur’an 
Metode Ummi yang sudah menjadi pedoman dalam mengajar. (2) Pelaksanaan 
pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di SD Islam Al-Haramaian 
dapat disimpulkan sebagai berikut: indikator proses komunikatif antara guru dengan 
murid, aktivitas belajar, dan hasil belajar secara umum berjalan dengan baik. 
Sedangkan indikator pengelolaan pembelajaran dan respons peserta didik mendapat 
penilaian cukup. (3) Prestasi belajar Al-Qur’an di SD Islam Al-Haramain seluruh siswa 
dari kelas satu sampai enam peroleh hasil yang baik dan semua siswa lulus. Tidak ada 
siswa yang tidak lulus atau harus mengulang. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-01

Versions

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM PLUS  AL HARAMAIN BOJONEGORO. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 65-78. https://doi.org/10.59829/42w9yh22