PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM PLUS AL HARAMAIN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.59829/42w9yh22Keywords:
Penerapan, Metode Ummi, Al-Qur’an, SD Al-HaramaianAbstract
Metode Ummi merupakan metode membaca Al-Qur’an yang langsung mengenalkan
cara membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Keberhasilan
pembelajaran dengan Metode Ummi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu pertama daya
serap murid, dan kedua yaitu kualitas bacaan Al-Qur’an murid. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui penerapan pembelajaran Metode Ummi pada siswa SD Islam Plus
Al Haramain Bojonegoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field
research), dengan lokasi penelitian di SD Islam Plus Al-Haramain Bojonegoro. Jenis
penelitian yang digunakan daalm penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun
subjek penelitian adalah satu kepala sekolah, satu koordinator Al-Qur’an, empat guru
Al-Qur’an, dan delapan siswa kelas satu sampai enam. Observasi, wawancara, dan
dokumentasi digunakan sebaga metode pengumpulan data. Triangulasi sumber dan
teknik atau metode digunakan sebagagai instrumen validasi atau keabsahan data. Hasil
penelitian ini, yaitu: (1) Penerapan Metode Ummi di SD Islam Plus Al-Haramain
dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pertama, melakukan pengelompokan siswa
berdasar kemampuan. Kedua, menerapkan tujuh tahapan pembelajaran Al-Qur’an
Metode Ummi yang sudah menjadi pedoman dalam mengajar. (2) Pelaksanaan
pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di SD Islam Al-Haramaian
dapat disimpulkan sebagai berikut: indikator proses komunikatif antara guru dengan
murid, aktivitas belajar, dan hasil belajar secara umum berjalan dengan baik.
Sedangkan indikator pengelolaan pembelajaran dan respons peserta didik mendapat
penilaian cukup. (3) Prestasi belajar Al-Qur’an di SD Islam Al-Haramain seluruh siswa
dari kelas satu sampai enam peroleh hasil yang baik dan semua siswa lulus. Tidak ada
siswa yang tidak lulus atau harus mengulang.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-10-02 (2)
- 2024-10-01 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Norhayati (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.