PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM PLUS AL HARAMAIN BOJONEGORO

Penulis

  • Norhayati STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Nur Mashani Mustafidah STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Ahmad Syauqi Fuady STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/42w9yh22

Kata Kunci:

Penerapan, Metode Ummi, Al-Qur’an, SD Al-Haramaian

Abstrak

Metode Ummi merupakan metode membaca Al-Qur’an yang langsung mengenalkan cara membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Keberhasilan pembelajaran dengan Metode Ummi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu pertama daya serap murid, dan kedua yaitu kualitas bacaan Al-Qur’an murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Metode Ummi pada siswa SD Islam Plus Al Haramain Bojonegoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dengan lokasi penelitian di SD Islam Plus Al-Haramain Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan daalm penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah satu kepala sekolah, satu koordinator Al-Qur’an, empat guru Al-Qur’an, dan delapan siswa kelas satu sampai enam. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebaga metode pengumpulan data. Triangulasi sumber dan teknik atau metode digunakan sebagagai instrumen validasi atau keabsahan data. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Penerapan Metode Ummi di SD Islam Plus Al-Haramain dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pertama, melakukan pengelompokan siswa berdasar kemampuan. Kedua, menerapkan tujuh tahapan pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi yang sudah menjadi pedoman dalam mengajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di SD Islam Al-Haramaian dapat disimpulkan sebagai berikut: indikator proses komunikatif antara guru dengan murid, aktivitas belajar, dan hasil belajar secara umum berjalan dengan baik. Sedangkan indikator pengelolaan pembelajaran dan respons peserta didik mendapat penilaian cukup. (3) Prestasi belajar Al-Qur’an di SD Islam Al-Haramain seluruh siswa dari kelas satu sampai enam peroleh hasil yang baik dan semua siswa lulus. Tidak ada siswa yang tidak lulus atau harus mengulang.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-01 — Diperbaharui pada 2024-10-02

Versi

Cara Mengutip

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM PLUS AL HARAMAIN BOJONEGORO. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 65-78. https://doi.org/10.59829/42w9yh22 (Original work published 2024)