Inovasi Pendidikan Agama Islam Di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.59829/1beckp29Kata Kunci:
inovasi, pendidikan agama islam, madrasahAbstrak
Inovasi Pendidikan Agama Islam di madrasah harus terus dikembangkan sebab hingga kini kualitas Pendidikan Agama Islam di madrasah masih cenderung dinomorduakan oleh Muslim di negara kita yang mayoritas ini. Masalah-masalah yang dijumpai diantaranya kurikulum yang sering berubah yang kurang diikuti dengan penyiapan perangkat pendukungnya, guru yang belum professional, orientasi pembelajaran yang masih pada transfer pengetahuan agama, penekanan pada hafalan, dominasi penggunaan metode ceramah, cenderung monoton, indoktrinatif, teacher-centered, top-down, sentralistis, mekanis, verbalis, kognitif, dan misi pendidikan kurang terarah.
Menghadapi berbagai problema tersebut diperlukan inovasi pendidikan agama Islam di madrasah, di antaranya dengan memperjelas visi-misi pendidikan, orientasi pada kebutuhan peserta didik, profesionalisme guru, metode pembelajaran yang inovatif yang mengedepankan problem solving, dan orientasi manajemen pendidikan berbasis pada madrasah. Untuk itu pemerintah harus terlibat aktif dan memberi peluang pada masyarakat untuk terlibat secara aktif, kreatif dan inovatif.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-30 (4)
- 2024-03-08 (3)
- 2024-03-08 (2)
- 2024-03-07 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Agama Islam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.