This is an outdated version published on 2024-03-17. Read the most recent version.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO

Authors

  • Novi Dyah Ayu Putri STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/1ds4w309

Keywords:

anak usia dini, bahasa, bernyanyi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaiamana 
cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini 
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada 
penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga 
TK Kartika IV-47 pada setiap harinya dalam mengembangkan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi. 
Hal itu terlihat dari sebelum bel masuk, lembaga sudah membunyikan musik yang menarik anak untuk 
bernyanyi, kemudian senam dengan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak, dilanjutkan dengan 
kegiatan baris-berbaris dimana pada saat baris berbaris guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu wajib 
nasional dan daerah pada setiap harinya. Selain itu, terdapat kegiatan bernyanyi seperti sebelum do’a 
mau belajar dan pulang sekolah, mengenalkan keagamaan pada anak melalui bernyanyi dan bernyanyi 
lagu sesuai dengan tema setiap minggunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-17

Versions

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO. (2024). At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 68-74. https://doi.org/10.59829/1ds4w309