IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN CREATIVE THINKING PADA SISWA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Miftahur Rizki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/jhd05s47

Kata Kunci:

Picture and Picture, Creative Thinking, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan creative thinking pada siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun tahapan penelitiannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa berkategori  baik.  Hal  ini  dapat  diperoleh  dari  hasil pengamatan  aktivitas  siswa  pada  siklus  I dengan  rata-rata  67,5  dikategorikan  kurang.  Pada  siklus  II  dengan rata-rata   79,17  dikategorikan  cukup  dan  siklus  III  dengan  rata-rata  88,33  dikategorikan baik. Aktivitas guru kategori  baik. Hal  ini  dapat dilihat dari hasil analisis aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 67,5%, siklus II rata-rata 76%, dan siklus III rata-rata 82,5%. Hasil dari tes analisis  tingkat  kreativitas  siswa  untuk  siklus  I  dengan  rata-rata sebesar 66 dikategorikan  kurang.  Pada  siklus  II  dengan  rata-rata sebesar 78 dikategorikan  cukup  dan  pada  siklus  III  dengan  rata-rata sebesar 86 dikategorikan baik. Untuk respon siswa menunjukkan hasil pembelajaran yang lebih efektif dan menarik minat belajar siswa, sehingga siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran didalam kelas.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-16 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi