Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-09-13. Baca versi terbaru.

Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Penulis

  • Sunki Mahmud Sulthon Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Luthfi Anis Muadzin Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/9qh89h94

Kata Kunci:

Pendidik, Peserta Didik, Filsafat Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang pendidik dan peserta didik dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu tetapi juga nilai budaya yang membentuk kepribadian peserta didik. Dalam Islam, pendidikan mencakup konsep tarbiyah, ta’dīb, dan ta‘līm yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sebagai teladan dan bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Seorang pendidik juga merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada peserta didik dalam perkembangan fisik dan spiritual mereka, agar mereka dapat mencapai kedewasaan, berdiri sendiri, dan memenuhi tanggung jawab mereka sebagai hamba dan khalifah Allah SWT.  Peserta didik, sebagai individu dalam proses menuju kesempurnaan, memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menghormati guru. Setiap peserta didik perlu menyadari tanggung jawab mereka jika proses pendidikan Islam adalah untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-13

Versi

Cara Mengutip

Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 103-110. https://doi.org/10.59829/9qh89h94