Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59829/9qh89h94Kata Kunci:
Pendidik, Peserta Didik, Filsafat Pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pendidik dan peserta didik dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu tetapi juga nilai budaya yang membentuk kepribadian peserta didik. Dalam Islam, pendidikan mencakup konsep tarbiyah, ta’dīb, dan ta‘līm yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sebagai teladan dan bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Seorang pendidik juga merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada peserta didik dalam perkembangan fisik dan spiritual mereka, agar mereka dapat mencapai kedewasaan, berdiri sendiri, dan memenuhi tanggung jawab mereka sebagai hamba dan khalifah Allah SWT. Peserta didik, sebagai individu dalam proses menuju kesempurnaan, memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menghormati guru. Setiap peserta didik perlu menyadari tanggung jawab mereka jika proses pendidikan Islam adalah untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-09-13 (2)
- 2024-09-13 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sunki Mahmud Sulthon, Luthfi Anis Muadzin, Faridi (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



STIT Muhammadiyah Bojonegoro