Implementasi Metode Bermain Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di BA AL-FAJAR Balenrejo
DOI:
https://doi.org/10.59829/pyvaq036Kata Kunci:
Bermain Warna, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain warna dalam meningkatkan
kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo. Penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 anak
Kelompok A, terdiri dari 15 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dari pra
siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, persentase ketuntasan anak mencapai 41,6%. Setelah
diterapkan metode bermain warna pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,8%.
Pada siklus II, ketuntasan mencapai 87,5%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu
75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bermain warna efektif dalam
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-09-13 (2)
- 2025-11-15 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aulia Singa Zanki (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





