Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-11-15. Baca versi terbaru.

Implementasi Metode Bermain Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di BA AL-FAJAR Balenrejo

Penulis

  • Aulia Singa Zanki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/pyvaq036

Kata Kunci:

Bermain Warna, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain warna dalam meningkatkan 
kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo. Penelitian ini menggunakan jenis 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 anak 
Kelompok A, terdiri dari 15 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui 
observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan 
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dari pra
siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, persentase ketuntasan anak mencapai 41,6%. Setelah 
diterapkan metode bermain warna pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,8%. 
Pada siklus II, ketuntasan mencapai 87,5%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 
75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bermain warna efektif dalam 
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-13 — Diperbaharui pada 2025-11-15

Versi

Cara Mengutip

Implementasi Metode Bermain Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di BA AL-FAJAR Balenrejo. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 43-47. https://doi.org/10.59829/pyvaq036