This is an outdated version published on 2024-03-08. Read the most recent version.

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MOHAMMAD HATTA

Authors

  • Ahmad Syauqi Fuady STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/r7jx4177

Keywords:

konsep, pendidikan, mohammad hatta

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bidang yang menjadi perhatian Mohammad Hatta, sebelum dan lebih-lebih setelah Indonesia merdeka. Tulisan ini ingin mengetahui bagaimana konsep pendidikan Mohammad Hatta terutama tentang tujuan pendidikan, pendidikan karakter, dan kebudayaan Indonesia? Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka (library research). Tulisan karya Mohammad Hatta dan penulis lain yang relevan digunakan sebagai sumber data untuk dikaji dan dianalisis. Hasil kajian diketahui bahwa konsep pendidikan Mohammad Hatta sangat serius, mendalam, dan holistik. Di antara konsep pendidikan yang dikaji adalah tentang tujuan pendidikan, pendidikan karakter, dan kebudayaan Indonesia. Pendidikan yang mendidik karakter, akhlak, moril bagi Mohammad Hatta harus dijadikan tujuan utama dibandingkan pengajaran yang menguatamakan pengetahuan. Pendidikan karakter lebih penting dibandingkan kecerdasan. Kecerdasan akan tumbuh subur di tangan orang yang berkarakter. Kebudayaan Indonesia harus berdasarkan nilai-nilai agama.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-03 — Updated on 2024-03-08

Versions

How to Cite

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MOHAMMAD HATTA. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.59829/r7jx4177 (Original work published 2023)