Pendidikan Multikultural Menurut Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13
DOI:
https://doi.org/10.59829/bp2wq795Kata Kunci:
Al-Hujurat 11-13, Al-Qur'an, MultikulturalAbstrak
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi dalam lembaga pendidikan tentang adanya latar belakang yang berbeda-beda dari peserta didik. Peneliti menjadikan al-qur’an sebagai alat analisa dalam memecahkan permasalah tersebut. Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai universal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13. 2). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. 3). Pelaksanaan pendidikan multikultural menurut al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. Penelitian ini adalah library research, yaitu penelitian di mana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber kepustakaan. Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kajian tafsir maudhu’i. Metode ini penulis gunakan untuk manganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudian peneliti kaitkan dengan paparan mengenai pendidikan multikultural. Sehingga dapat ditemukan titik temu, bahwa al-Qur’an pun telah menjelaskan nilai-nilai multikultural yang ada daalm dunia pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-03-08 (3)
- 2024-03-08 (2)
- 2024-03-07 (1)