Implementasi Pembelajaran Literasi Digital Pada Anak Usia Dini di Indonesia dan Luar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.59829/n8m3mq43Keywords:
pembelajaran, media pembelajaran, literasi digital, teknologi digital, anak usia diniAbstract
Perkembangan teknologi digital memberikan pembaharuan pada pembelajaran abad 21 di PAUD, salah satunya yaitu pembelajaran literasi digital. Pelaksanaan kegiatan literasi digital pada Anak Usia Dini mendorong guru untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni untuk dapat menerapkan teknologi digital pada anak. Implementasi pembelajaran dari berbagai media yang beragam membuat pembelajaran literasi digital makin menarik dan meningkatkan kemampuan literasi digital anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi melalui analisis implementasi pembelajaran literasi digital di PAUD dari sekolah Indonesia dan Luar Negeri. Penelitian ini menerapkan lima tahapan Systematic Literatur Review (SLR) dengan cara mengumpulkan dan meninjau artikel yang terkait dengan implementasi pembelajaran literasi digital di PAUD Indonesia dan Luar Negeri baik dari jurnal nasional maupun internasional. Artikel-artikel yang diakses bersumber dari jurnal elektronik yaitu Google Scholar, Eric, SagePub, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus dengan jumlah sebanyak 32 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi digital pada anak usia dini baik di Indonesia maupun Luar Negeri sudah menggunakan berbagai media pembelajaran berbasis digital. Implementasi literasi digital pada anak usia dini di Indonesia terdapat perbedaan dengan implementasi literasi digital pada anak usia dini di Luar Negeri dimana dalam hal kemampuan guru lebih memiliki kemampuan dalam bidang IT.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Aisyah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.